Unek-Unek Jack Jagguar

Semoga Kita Selalu Dalam Lindungan-Nya

Terangkatnya Batu Angkek-Angkek

Sunday, June 22, 2008
Perjalanan ke Batusangkar bersama tiga teman bulan maret lalu meninggalkan kenangan yang indah, kenangan indah dalam menikmati sejarah dan peninggalan kebudayaan minang kabau ini....serta menikmati sebuah legenda yang dikenal dan malah terkenal ke mancanegara yaitu Batu Angkek-Angkek.

Batu Angkek-angkek ini terletak di Negeri Tanjung Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar yang jaraknya 11 km dari kota Batusangkar. Kalau lihat dari bentuknya seperti kura-kura...ditengahnya berwarna hitam dan sisinya seperti tembaga dan terdapat lafadz Allah dan Muhammad di batu tersebut.

Batu tersebut ditempatkan pada sebuah Rumah Gadang dan dijaga oleh keturunan ke sembilan Datuak Bandaro kayo. Sejarah Batu Angkek-angkek ini saya lihat dari blog nya eriandi bahwa batu itu ditemukan ketika akan memasang tiang rumah dan sebelumnya beliau bermimpi didatangi syech Ahmad, beliau disuruh sang syech untuk mendirikan perkampungan yang sekarang dikenal kampung Palangan. Pada saat pemancangan tonggak pertama terjadi keanehan tiba-tiba terjadi gempa lokal dan setelah itu disusul dengan hujan panas selama 14 hari 14 malam. Karena adanya peristiwa ini masyarakatpun mengadakan musyawarah...ketika musyawarah berlangsung terdengarlah suara aneh dari arah lobang pancangan tersebut. Suara itu menyebutkan bahwa di dalam lubang itu terdapat sebuah batu yang bernama Batu Pendapatan, dan batu ini dipercaya bisa menjadi tanda akan terkabul nya suatu cita-cita atau keinginan dari orang yang berhasil mengangkatnya...

Aku dan teman-teman pun tertarik untuk mengangkat batu tersebut...sebelum mengangkat batu tersebut kita harus mengambil wudhuk dulu...dan waktu batu itu akan diangkat kita sebutkan niat kita apa...kalau batu itu terangkat maka akan menjadi tanda kalau cita-cita atau niat kita akan berhasil...ya itu lah yang dipercaya selama ini.

Teman-temanku dan aku pun mencoba untuk mengangkat batu itu walau satu orang dari kami ada yang ga mau untuk mencobanya. Teman-teman ku tidak berhasil untuk mengangkat batu tersebut dan waktu tiba giliranku....dalam hati aku berkata segala sesuatu yang mengabulkan atau tidaknya suatu keinginan suatu niat atau do'a hanya Allah SWT dan sebuah batu tidak akan bisa untuk memberikan atau mengabulkan permintaan sebab batu hanya ciptaan Allah...tetapi karena hanya penasaran kenapa batu tersebut susah untuk mengangkatnya maka aku tertarik untuk mengangkatnya ... semoga Allah memaafkan aku kalau ada terbesit dihati ku untuk mempercayai tapi hanya rasa penasaran yah memang banyak tersebut keinginan dihati, aku mencoba mengangkatnya ... dan batu itu perlahan mulai terangkat dari tempat nya...memang ku akui batu itu terasa berat terus aku bertanya ke teman ku apa batu itu harus terangkat seperti itu...sebab aku seperti tidak percaya badan ku yang kurus bisa mengangkat batu itu dari teman ku yang lebih besar tubuhnya dari ku...lalu batu tersebut aku taruh kembali ke tempatnya...teman ku bilang selamat jack bisa mengangkatnya heheheheheheeh terus teman ku karena melihat aku berhasil mengangkat batu itu mencoba lagi mengangkat batu tersebut tetapi hasil nya tetap sama tidak terangkat...melihat hal itu aku menjadi penasaran lagi, aku mengulangi untuk mencoba mengangkat batu tersebut...
dan kembali batu itu terangkat...dan yang sekali ini dengan mudahnya aku mengangkat batu tersebut dan aku menaruh kembali batu tersebut lalu aku ulangi untuk yang ke tiga kalinya,
temanku mengabadikan momen ini dengan sebuah HP camera... dan kembali batu tersebut terangkat oleh ku...
lalu timbul dalam pikiran ku rasa sombong kalau10 atau 20 kalipun aku angkat batu maka batu itu akan tetap terangkat...karena pikiranku yang sudah sombong seperti ini maka aku segera menghentikan niat ku untuk mengangkat batu tersebut...

1 Tanggapan:

  1. Studio Malay said...

    Silahkan berkunjung juga ke blog kami dengan tema yang sama.
    salam blogger

    Sunday, April 26, 2009 1:55:00 PM  

Post a Comment